BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS »

24.8.11

Review Mata Kuliah Semester 1 Teknik Informatika ITS 2011

Pada posting kali ini, saya akan menulis tentang ringkasan materi pembelajaran yang digunakan selama semester satu. The title has said it all, dan yah… saya mengambil program S1. Sesuai Kurikulum 2009-2014, kami harus menempuh 110 SKS mata kuliah wajib dan 34 SKS mata kuliah bidang keahlian untuk bisa lulus. Di semester ini, jatah yang kami dapat adalah 18 SKS, begitu juga untuk semester berikutnya.

Baiklah, biar lebih jelas, saya cantumin daftarnya…


Bahasa Inggris
Secara garis besar, pokok bahasan meliputi scanning; previewing and predicting; vocabulary knowledge for effective reading and listening; topics; main ideas; patterns of organization; skimming; making inference; summarizing and analysis.
Sebagai bahasa internasional, gak heran kalo Bahasa Inggris dijadikan mata pelajaran wajib.
Saya dapat Big-30 dengan jadwal:
Rabu, 07.00-08.40, Ruang E-402 Jurusan Teknik Kimia

Aljabar Linear
Secara garis besar, pokok bahasan meliputi sistem persamaan linear dan matriks, determinan, vektor pada ruang 2 dan ruang 3, ruang vektor Euclidean, ruang vektor, ruang inner product, eigenvalue dan eigenvector, transformasi linear lanjut, dan aplikasi aljabar linear.
Kata ‘aljabar’ memang gak asing lagi di telinga kita. Saat masih siswa kita bahkan udah pernah denger kata ini sebelum diajarkan. Tapi apa yang akan dipelajari untuk kuliah emang ‘lain’, dalam artian lebih berkembang dan lebih spesifik. Sebagaimana terdapat dalam katalog, muncul istilah-istilah baru yang belum saya pahami.
Saya dapat kelas A dengan jadwal:
Jumat, 07.00-07.50, Ruang TIF-106 Jurusan Teknik Informatika

Pemrograman Terstruktur
Secara garis besar, pokok bahasan meliputi gambaran umum mengenai pemrograman, gambaran umum tentang C, pemrograman terstruktur/modular, percabangan, perulangan, array, algoritma, sorting, searching, string, fungsi rekursif, structure dan union, pemrosesan file, program berukuran besar, struktur data dinamik, dan C++.
Akhirnya sampe juga pada poin penting pembelajaran. See? Gak heran deh ada 4 SKS. Sesuai penjabaran di atas, kami bakalan sering main di C (bahasanya sotoy banget). Dari berbagai cerita yang saya dapat, banyak temen-temen yang udah menerima salah satu materi pemrograman saat sekolah menengah. Eh? Saya malah belum pernah terima materi seperti itu  -.-‘
Saya dapat kelas A dengan jadwal:
Senin (07.00-08.50) dan Rabu (11.00-12.50), Ruang TIF-106 Jurusan Teknik Informatika

Sistem dan Teknologi Informasi
Secara garis besar, pokok bahasan meliputi Pengenalan sistem komputer: konsep sistem komputer, hardware, software dan brainware; Pengenalan sistem informasi: konsep sistem informasi, komponen sistem informasi, manfaat dan keunggulan sistem informasi; Penerapan sistem informasi: CRM, ERP, SCM, SIM Akademik, SIM PSB; dan Studi Kasus Bisnis Online: kinerja bisnis eCommerce.
Kata Bapak Kajur, ini adalah mata kuliah hiburan. Saya sendiri juga belum tahu kenapa disebut begitu. Yah, semoga aja benar-benar menghibur…
Saya dapat kelas A dengan jadwal:
Senin, 15.00-16.50, Ruang TIF-107 Jurusan Teknik Informatika

Sistem Digital
Secara garis besar, pokok bahasan meliputi sistem bilangan; aljabar Boole dan penyederhanaan fungsi Boolean; rangkaian kombinasional; synchronous sequential logic; register, counter dan memory; Algorithmic Satate Machine (ASM); dan Asynchronous Sequential Logic (ASL).
Sepertinya pelajaran satu ini bisa juga jadi momok. Baru lihat penjabarannya di katalog aja udah… wew~ rumit.
Saya dapat kelas A dengan jadwal:
_-_-_-_-_-_-_-_-_-_

Kalkulus 1
Secara garis besar, pokok bahasan meliputi koordinat grafik dan garis; limit dan kontinuitas; diferensial turunan; aplikasi turunan; dan integral.
Menurut kabar yang berhembus, kalkulus itu sulit. Well, just like other people said. Saya dapat kesimpulan seperti ini saat melihat postingan komik strip beberapa mahasiswa yang mendapat nilai tak menyenangkan di salah satu situs microblogging.
Saya dapat kelas Ka 1-27 dengan jadwal:
Selasa dan Kamis, 11.00-12.40, Ruang S-104 UPMS-Gd.S, lt.1

Firda Ainur Ramadhani
004 

Sumber:
Katalog Jurusan Teknik Informatika Kurikulum 2009-2014
Integra ITS
UPMB-ITS 

No comments:

Post a Comment